Wednesday 18 April 2012

Campaign Plan for Google Adwords

Kampanye Pay Per Click (PPC), mengunakan program popular Google AdWords. Google menjual jutaan dollar “click” tiap tahunnya melalui sistem ini. Faktanya, inilah satu-satunya sistem periklanan yg dimiliki Google saat ini.
Google tidak pernah antusias dengan iklan banner, meski dulu untuk beberapa waktu pernah menjual iklan fixed-position text pada bagian atas tampilan hasil pencarian search engine Google. Tapi tahun 1994, Google membuangnya dan kembali ke model PPC murni. Sekarang ini satu-satunya cara beriklan di Google hanya melalui sistem PPC (tidak sama seperti search engine lain, Google tidak menjual layanan “paid inclusion” atau “trusted feed”, yang menurut para pendiri Google sebagai tindakan tidak etis).
Mengawali kampanye ppc, kita akan segera memulai memulai kampanye iklan di Google:
  1. Mulai dengan membuka http://adwords.google.com dan tekan tombol Click to begin.
  2. Dalam langkah pertama, Anda akan memilih location information. Dalam box daftar, pilih bahasa yang Anda target (Google memiliki layanan menyasar ke berbagai negara dan berbagai bahasa).
  3. Dalam box besar, pilih lokasi type yang Anda mau gunakan.
  4. Global atau nasional. Iklan Anda akan muncul dalam halaman hasil ke seluruh dunia atau di negara tertentu (Anda akan memilih negara di langkah selanjutnya).
  5. Regional dan Cities. Anda akan dapat memilih regional atau kota tertentu, yang cocok untuk bisnis yang memiliki toko/kantor disuatu daerah tertentu, walaupun tidak begitu penting untuk rata-rata situs e-commerce.
  6. Customized. Disini dapat lebih menspesifikkan pilihan lokasi lebih spesifik lagi, ini besar manfaatnya untuk bisnis yang jelas representasi offlinenya (punya toko/kantor).
Memilih Lokasi Untuk Iklan Anda
Perhatikan bagaimana untuk set up tiga pilihan lokasi yang berbeda. Apabila semuanya mungkin, ini pasti bermanfaat untuk menjelaskan pilihan lokasi anda, karena iklan akan lebih sedikit ditampilkan diluar lokasi Anda, semakin efisien kampanye iklan Anda jadinya.
  1. Apabila Anda hanya melayani pengiriman di USA dan Kanada, Anda tidak mau menampilkan iklan di negara lain.
  2. Apabila Anda beriklan untuk bisnis yang tidak dapat dilakukan di wilayah yang lebih luas, seperti seperti bioskop, museum taman hiburan, dan sebagainya, Anda tidak akan membutuhkan orang diluar wilayah Anda untuk melihat iklan Anda. Anda mungkin akan menggunakan pilihan region and cities, yang memungkinkan untuk memilih kota dan wilayah metropolitan lainnya.
  3. Apabila Anda mencoba untuk menarik orang ke toko retail Anda, Anda hanya membutuhkan orang-orang terbatas untuk melihat iklan Anda, ada baiknya memakai pilihan costumized, yang memungkinkan memilih lokasi berdasar alamat, kode pos atau bahkan garis lintang dan garis bujur.
Tip: Anda dapat memilih satu wilayah atau kota dalam satu Negara, contoh: memilih Vancouver, Kanada dan Seattle, USA. Apabila Anda ingin melakukannya, Anda harus mensetup iklan untuk satu Negara, dan kembali lagi untuk menset up ulang dengan Negara yang berbeda.

Persiapan Rencana Kampanye

Memilih jenis kampanye

Pemilihan jenis kampanye dilakukan sebelum memulai kampanye. Anda dapat memilih dari enam jenis kampanye setiap kali Anda membuat kampanye dan setelan kampanye akan diisi secara otomatis untuk Anda berdasarkan jenis tersebut. Jenis kampanye dapat menghemat waktu dan energi Anda dalam memilih setelan setiap kali Anda membuat kampanye.

Memilih dari enam jenis kampanye

  • Bawaan (disarankan bagi pengiklan baru): Iklan Anda dapat tampil di Jaringan Penelusuran dan Jaringan Display Google pada semua perangkat, termasuk komputer desktop, komputer laptop, perangkat seluler, dan tablet.
  • Hanya Jaringan Penelusuran: Iklan Anda dapat ditampilkan hanya di hasil penelusuran Google dan situs penelusuran lainnya yang relevan yang menjadi bagian dari Jaringan Penelusuran bila cocok dengan penelusuran terkait.
  • Hanya di Jaringan Display (iklan teks): Iklan teks Anda dapat ditampilkan pada situs web yang relevan yang menjadi bagian dari Jaringan Display Google bila cocok dengan konten situs web terkait.
  • Hanya di Jaringan Display (pembuat iklan bergambar): Dengan pembuat iklan bergambar, Anda dapat mengubahsuaikan iklan gambar dan video milik Anda. Iklan tersebut dapat ditampilkan pada situs web yang relevan yang menjadi bagian dari Jaringan Display Google bila cocok dengan konten situs web terkait.
  • Hanya perangkat seluler dan tablet: Iklan Anda hanya dapat ditampilkan pada perangkat seluler dan tablet, seperti ponsel cerdas dan iPad. Artinya iklan Anda tidak akan ditampilkan pada komputer desktop dan laptop.
  • Video daring: Anda dapat menargetkan iklan video untuk YouTube dan Jaringan Display Google.

Tempat memilih jenis kampanye

Jenis kampanye hanya tersedia setelah Anda selesai menyiapkan kampanye pertama. Berikut ini langkah-langkah untuk memilih jenis kampanye:
  1. Masuk ke akun AdWords Anda di  https://adwords.google.com/?hl=id Jendela Baru.
  2. Klik tab Kampanye utama Anda di bagian atas.
  3. Klik tab Kampanye kedua.
  4. Klik tombol segitiga "+ Kampanye baru".

    Kampanye baru

    Choose your campaign type
  5. Pilih salah satu jenis kampanye dari menu tarik-turun.

    Jenis kampanye

    Choose your campaign type
  6. Setelah Anda memilih jenis kampanye, Anda akan diarahkan ke laman "Pilih setelan kampanye" dan setelan kampanye Anda untuk jenis tersebut akan dimuat sebelumnya dan tersorot hijau. Anda dapat mengubah jenis kampanye di bagian atas laman bila mengeklik tombol "Jenis kampanye".

    Pilih setelan kampanye

    Choose your campaign type
  7. Pilih setelan kampanye lainnya dan klik tombol "Simpan dan lanjutkan".

Membuat kampanye

Jika Anda pernah beriklan sebelumnya, Anda mungkin telah menetapkan anggaran iklan, mengidentifikasi pemirsa yang ingin dijangkau, dan memilih lokasi tampilnya iklan Anda. Di AdWords, Anda akan melakukan semua hal berikut dan hal lainnya saat membuat "kampanye".

Cara membuat kampanye

Anda setidaknya harus membuat satu kampanye sebelum dapat membuat iklan di akun.  Berikut ini cara membuat kampanye dan memilih setelan kampanye:
    • Masuk ke akun AdWords Anda di https://adwords.google.com/?hl=id Jendela Baru.
    • Jika ini kampanye pertama Anda, klik "Buat kampanye pertama". Jika Anda sudah membuat kampanye, cari "tombol + Kampanye baru" pada tab Kampanye.

Kampanye baru

Create a campaign
    • Anda akan diarahkan ke laman "Pilih setelan kampanye".

Memilih setelan kampanye

Create a campaign
Pertama, beri nama kampanye Anda. Lalu, pilih setelan untuk kampanye Anda di setiap bagian:  "Lokasi dan Bahasa", "Jaringan dan perangkat", "Penawaran dan anggaran", "Ekstensi iklan", dan "Setelan lanjutan".
    • Bila Anda telah memilih semua setelan, klik "Simpan dan lanjutkan".
    • Berikutnya, petunjuk pada layar akan memandu Anda menjalani langkah-langkah untuk membuat grup iklan dan memasukkan iklan dan kata kunci.

Tentang setelan kampanye

Ada enam area yang terlingkupi oleh setelan kampanye:
    • Umum
Di sinilah tempat Anda memasukkan nama kampanye Anda. Meskipun AdWords memasukkan nama kampanye bawaan untuk Anda, sebaiknya Anda memilih nama yang dengan jelas menggambarkan tema kampanye sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya di akun. Nama kampanye Anda tidak terlihat oleh pelanggan.

Setelan kampanye

Create a campaign
    • Lokasi dan Bahasa
Gunakan "Lokasi dan bahasa" untuk memilih lokasi dan bahasa geografis. Iklan kampanye Anda biasanya muncul kepada orang-orang yang berada di wilayah itu yang telah memilih salah satu bahasa tersebut sebagai preferensi.

Lokasi dan bahasa

Create a campaign
    • Jaringan dan perangkat
Pilih jaringan dan perangkat di tempat iklan ingin ditampilkan, apakah pada hasil penelusuran Google atau pada situs mitra Google, komputer desktop dan laptop, atau perangkat seluler berperamban Internet lengkap.

Jaringan dan perangkat

Create a campaign
    • Penawaran dan anggaran
Pilih opsi penawaran berdasarkan apakah Anda ingin menawar pada tayangan atau klik, atau apakah Anda ingin mengotomatiskan penawaran Anda. Anda juga akan menentukan anggaran harian, jumlah rata-rata yang bersedia Anda belanjakan setiap hari untuk kampanye iklan ini. Anggaran yang Anda pilih sepenuhnya terserah kepada Anda dan Anda dapat menyesuaikannya setiap saat.

Penawaran dan anggaran

Create a campaign
    • Ekstensi iklan
Ekstensi iklan memungkinkan Anda menyertakan lebih banyak informasi pada iklan Anda. Misalnya, Anda dapat memilih ekstensi yang menyertakan alamat atau nomor telepon toko.

Ekstensi iklan

Create a campaign
    • Setelan lanjutan
Ada beberapa setelan lanjutan yang dapat Anda pilih:
      • Jadwal: tetapkan tanggal mulai dan akhir kampanye Anda.
      • Penjadwalan iklan: pilih hari atau jam tertentu untuk menampilkan iklan.
      • Penayangan iklan: tetapkan apakah iklan Anda harus ditampilkan secara merata sepanjang hari atau bila iklan tersebut kemungkinan besar akan memperoleh klik atau konversi.

Setelan lanjutan

Create a campaign
Jika kampanye berisi beberapa iklan, setelan kampanye tersebut diterapkan pada semua iklan di dalamnya.

Cara memasukkan atau "memuat" setelan kampanye

Ada tiga metode yang berbeda untuk memasukkan setelan kampanye:
    • Memasukkan sendiri secara manual
Jika Anda membuat kampanye untuk pertama kali atau memilih untuk memulai dari awal, Anda dapat cukup memilih setelan yang diinginkan untuk kampanye Anda.
    • Memuat setelan dari "Kampanye yang ada"
Jika Anda telah menyiapkan kampanye serupa dan ingin menggunakan setelan yang sama, Anda dapat memuat setelan dari kampanye yang ada ke kampanye baru.
    • Memuat setelan berdasarkan "Jenis kampanye"
Pilih dari beberapa jenis kampanye yang ditetapkan sebelumnya dan kampanye yang populer. Bila Anda memilih jenis kampanye, jenis kampanye tersebut akan dimasukkan ke setelan kampanye secara otomatis. Jenis kampanye hanya tersedia setelah Anda selesai menyiapkan kampanye pertama.

Memahami status kampanye

Kolom "Status" pada laman "Semua kampanye daring" menunjukkan apakah kampanye Anda aktif atau tidak, dan apakah kampanye Anda dibatasi oleh anggaran atau tidak. Saat Anda memeriksa lansiran akun dan statistik tingkat teratas, periksa juga status kampanye Anda untuk memastikan bahwa iklan Anda berjalan sesuai harapan – dan jika tidak, cari tahu penyebabnya.

Di mana status kampanye Anda dapat ditemukan

  1. Masuk ke akun AdWords Anda di  http://adwords.google.com/?hl=id Jendela Baru.
  2. Klik tab Kampanye untuk menuju laman "Semua kampanye daring".
  3. Cari kolom "Status" di samping "Anggaran".

Status kampanye

Understanding your campaign status

Cara menafsirkan status kampanye

Kolom "Status" dari laman "Semua kampanye daring" menampilkan informasi tentang status setiap kampanye saat ini di akun Anda pada saat Anda masuk. Dari laman ini, Anda dapat menemukan status dari setiap kampanye yang telah Anda buat. Berikut ini berbagai jenis status kampanye beserta artinya:
Status kampanyeArti
LaikAktif dan dapat menampilkan iklan.
DijedaTidak aktif karena Anda menjedanya. Menjeda kampanye berarti bahwa iklan Anda tidak tampil atau mengakumulasi biaya baru hingga dimulai kembali.
DihapusTidak aktif karena Anda menghapusnya. Menghapus kampanye berarti bahwa iklan Anda tidak tampil atau mengakumulasi biaya baru hingga diaktifkan kembali.
Menunggu keputusanTidak aktif namun direncanakan untuk dimulai pada waktu berikutnya.
BerakhirTidak aktif karena telah melampaui tanggal akhir yang dijadwalkan.
DitangguhkanTidak aktif karena saldo akun prabayar Anda telah habis. Akun yang ditangguhkan tidak menampilkan iklan atau mengakumulasi biaya baru hingga disuntikkan dana tambahan pada "Penagihan".
Dibatasi oleh anggaranAktif, namun hanya menampilkan iklan sesekali karena terbatasnya anggaran. Anda dapat mengarahkan kursor pada balon di samping status ini untuk melihat "Anggaran yang disarankan"

Reference :
http://seokita.com/memasang-kampanye-ppc-google.html
http://new5-info.blogspot.com/2008/02/memasang-kampanye-ppc-google.html
http://support.google.com/adwords/bin/answer.py?hl=id&answer=1722131
http://support.google.com/adwords/bin/topic.py?hl=id&topic=1713898&path=1710534&ctx=leftnav
http://support.google.com/adwords/bin/answer.py?hl=id&answer=1722125&topic=1713899&ctx=topic&path=1713898-1710534

Tugas Ecommerce kelas Internasional - cc :

No comments:

Post a Comment